SK : Memahami konsep, pendekatan, prinsip, dan aspek geografi
KD : 1. Mendeskripsikan aspek-aspek geografi
Indikator :
• Mendeskripsikan aspek –aspek Geografi
• Menganalisis migrasi penduduk antar daerah di Indonesia
Tujuan:
Siswa mampu:
• Mengidentifikasi aspek –aspek Geografi
• Mengaplikasikan aspek –aspek Geografi dalam mengkaji fenomena geosfer
Langkah Pembelajaran :
1. Siswa mendiskusikan tentang aspek-aspek geografi dengan media yang disediakan oleh guru sesuai dengan kelompoknya masing-masing.
2. Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi
3. Kelompok yang lain memberiakan tanggapan
4. Setiap kelompok memberikan kesimpulan di setiap akhir presentasi
5. Guru menyimpulkan hasil diskusi dari semua kelompok
Langkah-langkah membuat media :
1. Alat dan Bahan
a. Alat :
• Spidol
• Bolpoint
• Penggaris
• Pensil
• Penghapus
b. Bahan :
• Kertas manila
• Foto :
1. Desa : a. aktifitas pertanian
b. permukiman
c. sungai dan hutan
2. kota : a. Gedung, jalan raya, perkantoran
b. gambar mobil
c. piramida penduduk
c. Double tip
2. Pengerjaan
a. Membuat gambar gunung dan jalan pada kertas manila
b. Menempelkan foto-foto hasil penelusuran di internet tentang aspek geografi pada kertas manila sesuai dengan tempat yang telah ditentukan
c. Memberi keterangan pada setiap foto
d. Mencantumkan sumber
KD 3.1 Menganalisis pola persebaran, spasial, hubungan, serta interaksi spasial antara desa dan kota
1. Langkah-langkah penyampaian media
Materi tentang pola persebaran spasial, hubungan, serta interaksi spasial antara desa dan kota
1. Siswa dijelaskan tentang materi tersebut melalui tampilan slide dan cuplikan film
2. Siswa menanggapi hasil tampilan slide (tanya jawab)
3. Siswa membentuk kelompok untuk mendiskusikan cuplikan film tentang interaksi desa kota
2. Langkah-langkah membuat media
a. Alat dan bahan :
• Laptop
• LCD
• Power point
• LKS
• Layar proyektor
b. Pengerjaan : membuat power point dan cuplikan film sesuai dengan materi
Selasa, 10 November 2009
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar